Pages

7 Keunikan Hewan Laut Dalam

acific Barreleye Fish

Barreleye Pasifik (Macropinna microstoma) adalah salah satu dari kelompok ikan laut dalam yang telah berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan gelap gulita dalam berbagai cara yang menakjubkan. keunikan ikan ini adalah memiliki kepala transparan dan mata di dalam. Biasanya melihat dalam posisi ke atas untuk menyaring sinar matahari, mata Barreleye Pasifik bisa berputar .Hal ini akan membuat mustahil bagi ikan untuk melihat apa yang langsung di depan mereka, dan sangat sulit bagi mereka untuk menangkap mangsa dengan mulut mereka yang kecil, mulut runcing.
Apa yang tampak seperti "mata" adalah organ indera, mata sebenarnya berada di dalam dahi ikan itu.

Klasifikasi:
"ikan Pasifik Barreleye"
nama ilmiah: "Macropinna microstoma"
biasa disebut "Ikan kepala Transparan"
Ditemukan tahun 1939,
Ukuran: 6-inch (15 sentimeter)
keunikan: Mata memiliki bentuk barel dan dapat diputar ke titik baik maju atau lurus ke atas, melihat melalui kepala transparan nya sendiri.
terdapat pada kedalaman sekitar 600 meter (2.000 kaki) sampai 800 meter (2.600 kaki).

Spoiler untuk gambar Pacific Barreleye Fish:
Bathysaurus Fish
Bathysaurus ,diuraikan sebagai "super predator laut dalam" apa saja yang mereka temui akan dimakan.Bathysaurus juga dikenal sebagai lizardfish dan ditemukan di laut tropis,subtropis dan juga Pasifik, Atlantik dan Samudra India. merupakan ikan silinder yang memiliki sirip bertulang dan mulut besar dengan gigi tajam bahkan di lidah.
Klasifikasi:
"Bathysaurus mollis"
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Aulopiformes
Family: Bathysauridae
Genus: Bathysaurus
Species: B. mollis
ukuran:50 and 65 cm.
Lingkungan:Batidemersal; laut; kisaran kedalaman 1550 – 4903 m

Spoiler untuk gambar Bathysaurus Fish:
Viperfish
viperfish adalah ikan laut dalam genus Chauliodus, dengan gigi panjang seperti jarum dan rahang bawah berengsel
Viperfish umumnya tinggal di perairan tropis dan subtropis. Ini adalah salah satu predator paling sengit di bagian paling dalam dari laut dan menyerang mangsanya dengan ia menarik mangsanya dengan bintik-bintik bercahaya berjalan dari tenggorokan ke ekor, Organ ini disebut photophore dan terletak di ujung tulang belakang punggungnya dan juga menggunakan cahaya alami untuk berkomunikasi dengan calon pasangan dan saingan.

Viperfish bervariasi dalam warna antara hijau, perak dan hitam. Menggunakan gigi taring untuk melumpuhkan mangsanya,organ yang memproduksi cahaya. viperfish organ ini menggunakan cahaya untuk menarik mangsanya melalui proses yang dikenal sebagai bioluminescence .Dengan berkedip lampu dan mematikan, dapat digunakan seperti memancing daya tarik untuk menarik ikan yang lebih kecil. yang terutama ditujukan terhadap dragonfish dan makhluk kecil lainnya.Viperfish bisa pergi tanpa makanan selama berhari-hari. Waspadalah terhadap taring tajam, bahkan jika itu sudah mati.
Klasifikasi:
"Viperfish"
Nama Ilmiah:Chauliodus sloani
Ukuran:15.0 to 25.0 cm ( 6.0 to 10.0 in)
Berat: 23 g
Habitat: perairan laut dalam
Lingkungan: kedalaman antara 457,2-2743,2 m (1.500,0-9.000,0 ft)

Spoiler untuk gambar Viperfish:

Deep Sea Anglerfish

Makhluk beradaptasi dengan lingkungan mereka dengan cara yang aneh dan tidak biasa banyak. Di lautan terdalam dimana tidak ada cahaya dan makanan dapat menjadi langka, anglerfish adalah contoh yang luar biasa tentang bagaimana organisme hidup dapat menemukan cara untuk bertahan hidup bahkan dalam lingkungan yang paling tidak ramah.Adaptasi lain yang tidak biasa di anglerfish adalah dimorfisme seksual mereka. Ukuran jantan sangat kecil dibandingkan dengan betina, dan hidup sebagai parasit permanen pada betina. Jantan menempel sendiri, dengan menggigit, ke tubuh betina. Mulutnya sekering dengan kulitnya, dan aliran darah dari dua ikan menjadi tersambung, sehingga jantan benar-benar tergantung pada betina untuk urusan makanan.
Klasifikasi:
"Anglerfish"
Humpback anglerfish, Melanocetus johnsonii
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Subclass: Neopterygii
Infraclass: Teleostei
Order: Lophiiformes

Spoiler untuk gambar Deep Sea Anglerfish:
Piglet Squid
Cumi Piglet adalah makhluk yang cukup misterius. Sangat sedikit diketahui biologisnya.merupakan cumi-cumi yang unik
dinamai demikian karena bentuk lengan dan tentakelnya yang seperti jambul berumbai, dan bentuk tubuh yang bundar.Pola tubuh yang tidak biasa, diakibatkan pigmentasi kulit, menyebabkan cumi-
cumi jenis ini seolah-olah memiliki senyum di wajahnya.
Hampir keseluruhan tubuhnya tembus pandang, kecuali pada beberapa bagian yang mengandung pigmen, atau kromatofor, yang memberi hewan ini penampilan yang khas.

Klasifikasi:
"Piglet Squid"
Kingdom: Animalia
Phylum: Mollusca (Molluscs)
Class: Cephalopoda (Octopus & Squids)
Teuthida (Squid)
Cranchiidae (Bathyscaphoid squids)
Spesies:Helicocranchia sp
Kedalaman :100 m

Spoiler untuk gambar Piglet Squid:
Crabzilla – Japanese Giant Spider Crab
Kepiting berkaki panjang,kepiting Laba-laba Jepang memiliki 8 kaki dan 2 senjata,umumnya tinggal di bawah air. Laba-laba kepiting raksasa Jepang dapat ditemukan di Samudra Pasifik di Jepang. Mereka dapat hidup pada kedalaman-300m atau 150-1000 kaki. memiliki tubuh oranye gelap, dengan bintik-bintik putih di kaki mereka,Kepiting laba-laba raksasa adalah salah satu arthropoda terbesar yang ditemukan manusia.Mereka mengukur sampai dengan 3,7 meter dari ujung satu cakar yang lain. Lebar tubuh mereka biasanya tumbuh sampai sekitar 37cm (15inches) dan mereka ditutupi dengan nodul kecil yang disebut tuberkel, sebagian besar dari ukuran mereka diambil oleh kaki panjang mereka dan berat hingga 41 pon (19 kg)
Klasifikasi:
"Crabzilla – Japanese Giant Spider Crab"
Kingdom: Animalia
Phylum:Arthropoda
Subphylum:Crustacea
Class:Malacostraca
Order: Decapoda
Infraorder: Brachyura
Superfamily: Majoidea
Family: Inachidae
Genus: Macrocheira
Species: M. kaempferi
kedalaman:300m atau 150-1000 kaki

Spoiler untuk gambar Crabzilla – Japanese Giant Spider Crab:
Cymothoa exigua
Cymothoa exigua , atau kutu pemakan lidah, adalah parasit Crustacea dari keluarga Cymothoidae . dengan ukuran 3 sampai 4 sentimeter (1,2-1,6) panjang. Parasit ini masuk melalui insang, dan kemudian menempel pada dasar lidah. Ekstrak darah melalui cakar di bagian depannya, menyebabkan lidah untuk atrofi dari kekurangan darah. Parasit kemudian mengganti lidah ikan dengan melampirkan tubuhnya sendiri ke otot-otot dari lidah rintisan. ikan dapat menggunakan parasit seperti lidah yang normal.
Klasifikasi:
"Cymothoa exigua"
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Subphylum: Crustacea
Class: Malacostraca
Order: Isopoda
Family: Cymothoidae
Genus: Cymothoa
Species: C. exigua

Spoiler untuk gambar Cymothoa exigua:

0 komentar:

Poskan Komentar