Pages

Thorny Devil, Kadal Unik yang Bisa Menembakkan Cairan Darah dari Matanya


Thorny Devil ( Moloch Horridus )

Salah satu jenis kadal yang paling aneh, unik & keren adalah thorny devil atau mountain devil lizard. Nama latinnya Moloch horridus. Kalo dilihat dari namanya, agan pasti mikir kalo Thorny Devil ini sejenis monster yang gede. Padahal thorny devil ini cuma kadal berukuran sedang yang panjangnya kira kira cuma 8-15 cm.


Thorny devil bisa ditemukan di daerah daerah yang gersang di Australia, biasanya di tanah yang berdebu tapi mereka jarang ditemukan di tanah berbatu.


Thorny devil dapat menembakkan cairan berwarna darah yang dikeluarkan dari matanya. cairan itu sebenarnya adalah toxin yang didapat dari semut (toxin bisa bikin badan kita bentol bentol gan)

jadi kalau dia gak mkan semut gak mngkin dia bisa nembakkin cairan tersebut.

Thorny devils memiliki tonjolan berduri di bagian belakang lehernya yang terlihat seperti kepala palsu. Saat terancam, kadal ini menyelipkan kepala yang sebenarnya di antara kaki depan dan membuat kepala palsu ini berada dalam posisi kepala yang sebenarnya. Ini akan membuat predator kesulitan menelan kadal ini, bahkan ular sekalipun. Saat terancam, thorny devil juga akan menghisap udara dan membuat tubuhnya menggembung. Ini merupakan pertahanan anti predator yang lain.
 



Makanan utama thorny devil adalah semut. Dalam satu menit, kadal ini akan makan 25 hingga 45 ekor semut. Tapi kadang kadang, obyek kecil seperti kerikil kecil, potongan kayu, bunga kecil dan telur serangga kecil juga dimakan. Tapi mungkin tidak secara sengaja. Sekali makan, thorny devil bisa menghabiskan sekitar 1000 hingga 2500 ekor semut. Thorny devils memiliki sistem higroskopik dari alur di kulit mereka yang mengarah pada sudut mulut mereka. Thorny Devil mengambil air dengan cara kapiler melalui alur ini. Thorny devils menggunakan mekanisme meneguk untuk memindahkan air di sepanjang alur dan ke dalam mulut mereka. Thorny devils benar benar bisa minum air dari embun yang jatuh di punggung mereka dan dapat memperoleh air bergram gram dalam badai hujan

mereka dapat minum setetes embun yang jatuh di punggung. mereka tidak perlu repot-repot menyedot dengan moncongnya.
Thorny Devil berjalan perlahan dengan gerakan tersendat sendat dan mereka sering berdiam di tempat lalu berjalan lagi, sering dengan kaki terangkat dari tanah. Kadal ini dapat berubah warna dengan cepat, saat aktif biasanya berwarna kuning pucat dan merah, tapi saat ada bahaya atau saat dingin warnanya kehijauan. Meskipun pandai berkamuflase dan tubuhnya berduri, bukan berarti kadal ini kebal terhadap predator. aborigin Australia dan bustards, baik predator visual, telah diamati untuk memangsa thorny devil. Varanus gouldi, Varanus tristis dan raptors adalah beberapa predator dari kadal ini.

Thorny devil adalah hewan heliothermic, mengandalkan energi matahari untuk menaikkan suhu tubuhnya diatas suhu lingkungannya. Suhu tubuh thorny devil berubah menurut suhu udara. Suhu tubuh rata rata thorny devils adalah 33.3 derajat celcius.




  

 



0 komentar:

Posting Komentar